Home » Peristiwa

Kompetensi Wartawan, PWI Cabang Kaltim Masuk Delapan Besar

Written By: admin on February 8, 2013 No Comment

Manado-Kalpost, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kalimantan Timur termasuk ke dalam delapan besar paling aktif dari 34 cabang se-Indonesia dalam peningkatan kompetensi wartawan. Keaktifan PWI Cabang Kaltim itu dihargai PWI Pusat dengan memberikan piagam penghargaan di acara konferensi kerja nasional  PWI di Manado, Kamis(8/2).

Ketua PWI Cabang Kaltim, H Maturidi ketika menerima piagam penghargaan dari Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat, H Sofyan Lubis di Manado

Piagam pengharagaan diserahkan Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat, H Sofyan Lubis dan diterimakan Ketua PWI cabang Kaltim, H Maturidi. Penerima pengharagaan  lainnya adalah PWI Cabang Jateng, DKI Jakarta, Jabar, Sulsel, Sumut, Sulsel, dan Lampung.

Ketua Umum PWI Pusat, H margino mengatakan, PWI Cabang Kaltim dinyatakan masuk kategori teraktif karena konsisten menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang sudah menjadi program unggulan PWI  saat ini.

Disebutkan pula, dari 14.000 wartawan anggota PWI, hingga akhir tahun 2012, setelah dilakukan uji kompetensi, sudah 2500 orang dinyatakan kompeten oleh Dewan Pers dan telah diberikan sertifikat kompeten.

Tentang kesejahteraan wartawan, Margiono mengatakan, masih sulit bagi wartawan mendesak perusahaan pers ada perbaikan kesejahteraan. Tapi karena menjadi wartawan itu sudah profesi dan panggilan hidup, lebih baik sekarang konsentrasi meningkatkan kompetensi terlebih dahulu.

“Sertifikat kompeten itu sangat penting untuk memilah mana wartawan yang kompeten dengan wartawan “abal-abal” atau wartawan “bodrex”. Pada saatnya nanti setelah program sertifikasi tuntas, akan ada gerakan untuk menuntut gaji sesuai kompetensi ke perusahaan pers,” kata Margino.

Kriteria yang menjadikan PWI Cabang Kaltim terbaik adalah frekuensi kegiatan yang dilakukan dalam meningkatkan komptensi wartawan dan berpartisipasi untuk pengembangan pers di kalangan pelajar dan mahasiswa.
Untuk kompetensi wartawan PWI Cabang Kaltim, kata Ketua PWI Cabang Kaltim, telah dilakukan SJI (Sekolah Jurnalisme Indonesia sebanyak tiga angkatan dengan jumlah peserta seluruhnya 94 orang, dengan peserta yang lulus sebanyak 66 orang.

Kemudian untuk uji kompetensi, dari 343 wartawan anggota PWI Cabang Kaltim, sebanyak 85 orang telah mengikuti uji kompetensi, yang dinyatakan kompeten sebanyak 81 orang. Rinciannya 13 wartawan memegang sertifikat kompeten kategori utama, 36 orang memegang sertifikat madya, dan 36 orang berstatus wartawan muda. “Menguji kompetensi wartawan akan dilanjutkan tahun 2013 ini,” katanya.

Menurut Maturidi, untuk bakti ke masyarakat, PWI Cabang Kaltim juga aktif sebagai pembicara dalam pelatihan-pelatihan menulis ke kampus-kampus, misalnya di UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Jurnalistik Unmul maupun STAIN Samarinda.
Dikatakan pula, terselenggaranya kegiatan peningkatan kualitas dan kompetensi wartawan, juga tidak terlepas dari dukungan yang diberikan Pemprov Kaltim dan DPRD Kaltim atas program PWI Cabang Kaltim.

Maturidi mengatakan, hingga kini Kaltim masih kekurangan wartawan, baik dari sisi jumlah maupun kompetensi. Semua media di Kaltim masih merasa kekukarang wartawan, apa lagi dalam satu tahun terakhir ada tambahan lima koran harian di Kaltim, di Bontang dan Kutim, serta Berau masing-masing satu koran, dan di Tarakan ada tambahan dua koran harian. “Tidak mudah mendapatkan wartawan baru, termasuk menjadikannya sebagai wartawan kompeten,” katanya. (to)

Digg this!Add to del.icio.us!Stumble this!Add to Techorati!Share on Facebook!Seed Newsvine!Reddit!Add to Yahoo!

Leave a Reply:

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  Copyright ©2009 Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Timur, All rights reserved.Powered by WordPress