Home » Peristiwa

PWI Bikin Indeks Kemerdekaan Pers, Indonesia Melorot di Peringkat 138

Written By: admin on March 4, 2015 No Comment

JAKARTA- Puluhan wartawan dari seluruh Indonesia mengikuti pelatihan training of trainer (TOT) selama dua hari, Jumat-Sabtu (27-28/2) di Jakarta. TOT atau bimbingan teknis (Bimtek) indeks kemerdekaan pers Indonesia (IKPI) berlangsung di Pusdiklat Kemenkominfo Kelapa Dua, Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Dalam kegiatan ini, PWI Kaltim mengirimkan pengurus bidang Litbang PWI Kaltim Ridwan Alkaf mengikuti kegiatan tersebut. 

“TOT diikuti 65 peserta dari perwakilan wartawan seluruh provinsi, tujuh peserta di antaranya karyawan Kemenkominfo,” kata ketua panitia penyusun IKPI Wina Armada Sukardi.

Peringkat IKPI melorot dari tahun sebelumnya. IKPI sepanjang 2014 berada di peringkat 138 dari 180 negara seluruh dunia. Tahun 2013 IKPI di peringkat 132.

“Tanpa mengurangi penilaian dunia, kita coba melakukan survei sendiri. Muaranya melatih wartawan di Jakarta dan selanjutnya satu orang diharapkan dapat melatih 10 orang di masing-masing provinsi,” tegas Wina.

Ketua Umum PWI Pusat, Margiono mengatakan kurang sepakat pada penilaian dunia yang menempatkan IKPI semakin melorot. “Padahal pers di negeri ini sangat merdeka. Hanya, mungkin karena kasus pembunuhan wartawan Udin (Bernas Jogja, Red.) belum terungkap, maka dinilai seperti itu,” tandas Margiono.
Senada, Ilham Bintang dari Dewan Kehormatan PWI Pusat juga mengungkapkan betapa bebas dan merdekanya pers Indonesia.

“Semua sudah dan bisa diberitakan pers. Kecuali hanya dua yang tak boleh dilakukan wartawan masuk masjid pakai sepatu dan merokok di pom bensin (SPBU, Red.),” selorohnya.

Peserta berjumlah 65 orang itu dibagi empat kelas. Pada sesi pembagian kelas kemarin masing-masing kelompok mendiskusikan redaksional 70 butir pertanyaan survei. Setelah diplenokan akan dirumuskan tim kecil. Selanjutnya akan dibuatkan buku panduan untuk memudahkan petugas surveyer di provinsi dan cabang kabupaten kota melakukan survei. (*)

Digg this!Add to del.icio.us!Stumble this!Add to Techorati!Share on Facebook!Seed Newsvine!Reddit!Add to Yahoo!

Leave a Reply:

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  Copyright ©2009 Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Timur, All rights reserved.Powered by WordPress