Home » Peristiwa

Direktur Kaltim Post Terima Kartu Kompetensi Wartawan Utama

Written By: admin on August 1, 2017 No Comment

SAMARINDA – Direktur Kaltim Post Rusdiansyah Aras mendapat kartu kompetensi wartawan utama dari Dewan Pers yang diserahkan melalui Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim. Kartu kompetensi yang diterima Rusdiansyah merupakan kartu istimewa karena diberikan Dewan Pers tanpa proses uji kompetensi.

Kompetensi“Kartu kompetensi ini memang diberikan Dewan Pers khusus kepada para wartawan senior yang selama ini memang terbukti berdedikasi dan loyal atas profesi yang dijalaninya,” sebut Endro S. Efendi, ketua PWI Kaltim di sela penyerahan kartu kompetensi tersebut, di Kaltim Post Samarinda.

Penyerahan kartu kompetensi itu diberikan Endro kepada Rusdiansyah didampingi Sekretaris Wiwid Marhaendra Wijaya, Wakil Ketua Bidang Organisasi M Imron Rosyadi, dan Ketua Dewan Kehormatan PWI Kaltim Maturidi.

Dikatakan Endro, Dewan Pers memberikan kartu kompetensi kepada para wartawan senior berdasarkan usulan dari organisasi profesi, di antaranya PWI.

Hingga kini, total ada lima wartawan senior di Kaltim yang mengantongi kartu kompetensi wartawan utama tanpa ujian. Masing-masing Zainal Muttaqin, Syafril Teha Noor, dan Rusdiansyah Aras, ketiganya dari Kaltim Post. Dua lagi adalah Priyo Suwarno dan Maturidi, keduanya dari Tribun Kaltim.

Hampir semua wartawan senior diusulkan oleh PWI Kaltim untuk mendapatkan kartu kompetensi ini. Namun, tidak semua lulus seleksi Dewan Pers. Selain ada batasan usia tertentu, salah satu persyaratan yang harus terpenuhi adalah masih bekerja di perusahaan pers yang terverifikasi Dewan Pers.

“Meski tercatat sebagai wartawan senior, dilihat juga media tempatnya bekerja. Ini untuk mendorong tumbuhnya industri pers yang profesional,” sebut Endro.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Kaltim M Imron Rosyadi menyampaikan ungkapan selamat dan terima kasih atas dukungan yang selama ini diberikan Kaltim Post kepada PWI Kaltim. “Hampir semua kegiatan PWI Kaltim, mendapat support dari Kaltim Post,” sebut Imron. Ia pun berharap, kerja sama yang sudah terjalin selama ini bisa terus berjalan dengan baik.

Dikatakan, saat ini anggota PWI Kaltim sebanyak 350 orang, terdiri anggota luar biasa 3 orang dan anggota biasa 197 orang. Sementara anggota muda sebanyak 150 orang. Sejak 2011, PWI Kaltim sudah 10 kali menggelar uji kompetensi wartawan baik di Samarinda, Balikpapan, Tenggarong, dan Bontang.

“Total sudah 129 wartawan anggota PWI Kaltim yang mengantongi kartu kompetensi, baik tingkat muda, madya maupun utama,” sebutnya.

Khusus wartawan Kaltim Post Group yang menjadi anggota biasa PWI kaltim sebanyak 32 orang. “Namun ada 9 anggota yang keanggotaannya tidak aktif,” ujarnya. Selain itu ada 4 anggota muda yang sudah waktunya naik status menjadi anggota biasa.

Disampaikan, Agustus mendatang PWI Kaltim akan menggelar dua uji kompetensi, masing-masing di Berau pada 13-14 Agustus dan Tenggarong 26-27 Agustus. “Mudah-mudahan wartawan Kaltim Post Group bisa ikut berpartisipasi kembali, terutama yang belum memiliki bukti kompetensi,” harapnya.

Direktur Kaltim Post Rusdiansyah Aras menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas bukti kompetensi dari Dewan Pers tersebut. “Bangga rasanya, atas dorongan dari teman-teman PWI bisa dianggap kompeten oleh Dewan Pers,” sebutnya.

Ia pun menyampaikan, Kaltim Post terus mendorong wartawannya agar semakin professional. Karena itu pihaknya akan selalu mengikutkan wartawan menjalani uji kompetensi. “Terima kasih atas kemitraan PWI selama ini, sehingga bisa saling mendukung. Bahkan di event Porwanas di Bandung, Kaltim Post ikut menyumbangkan medali emas melalui lomba penulisan atas nama wartawan Felanans,” ujarnya.  (***)

Digg this!Add to del.icio.us!Stumble this!Add to Techorati!Share on Facebook!Seed Newsvine!Reddit!Add to Yahoo!

Leave a Reply:

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  Copyright ©2009 Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Timur, All rights reserved.Powered by WordPress