Home » Peristiwa

Sekda Kutim Buka UKW PWI Kaltim

Written By: admin on November 27, 2017 No Comment

SANGATTA-Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kutai Timur (Kutim) Irawansyah didaulat membuka Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke XIII/2017 mewakili Bupati Ismunandar yang berhalangan hadir di Hotel Lumbu Jalan APT Pranoto Sangatta Utara, Rabu (22/11/2017) yang dilaksanakan PWI Provinsi Kaltim bersama PWI Kabupaten Kutim dan bekerjasama dengan PT Kaltim Prima Coal (KPC).

Dalam kesempatan itu Irawansyah mengaku senang PWI Kaltim dan Kutim, bisa menggelar UKW. Melalui UKW, dirinya yakin mampu meningkatkan kualitas wartawan dalam mengumpulkan bahan maupun membuat berita. Pemkab Kutim, diakuinya menyambut positif UKW pertama kalinya khususnya di Sangatta.

Irawansyah menyebutkan kemampuan wartawan yang bertugas di Sangatta sudah seharusnya harus semakin meningkat kemampuan jurnalistiknya setelah mengikuti UKW.

“Semua terukur dan jelas, karena ada materi yang sekedar guyonan tidak diberitakan secara mentah-mentah menjadi sumber berita sehingga berdampak lain,” kata Irawansyah.

UKW Angkatan XIII diakui Ketua PWI Kaltim Endro S Effendi, merupakan kesempatan emas bagi wartawan untuk mengukur dan melihat kompetensinya. UKW yang digelar 1 hari penuh diikuti 15 peserta terdiri 1 peserta mengikuti UKW jenjang Madya dan 14 orang jenjang muda.

“Saya cukup antusias melihat kinerja PWI Kutim baru saja dibentuk dan dilantik pada 5 Oktober lalu sudah menggelar kesiapan pelaksanaan UKW ini sekaligus mendukung menghasilkan wartawan generasi sekarang berintegritas, profesional dan tidak abak-abal,” jelasnya.

Ketua PWI Kutim, Joni Sapan Palelleng menerangkan, sebagian besar peserta UKW Angkatan XIII merupakan wartawan yang bertugas di Sangatta.

“Wartawan yang ada di Sangatta sebagian besar mengikuti UKW jenjang muda, selain itu ada wartawan tamu berasal dari Bontang dan Samarinda,” terangnya. Tingkat muda diikuti repoter, koresponden atau wartawan, sementara tingkat madya untuk level redaktur, ,” beber Joni.

Untuk menguji peserta UKW, PWI Kaltim mendatangkan penguji dari PWI Pusat yang terdiri Firdaus Baderi, Joko Tetuko ditambah Ketua PWI Kaltim, Endro S Effendi.

“Selama mengikuti UKW mereka akan melalui beberapa tahapan ujian, diantaranya membuat dan mengedit berita serta melakukan kontak telepon kepada nara sumber,” sebut Joni.

Senada Manager External Relation, Yordhen Ampung menegaskan wartawan berkualitas dan mumpuni menjadi harapan besar PT (KPC), pasalnya wartawan yang mempunyai dedikasi serta memahami segala aturan jurnalistik termasuk kode etik jurnalistik, secara tidak langsung akan ikut dalam proses pembangunan Kutim. UKW merupakan salah satu kegiatan positif dalam meningkatkan kualitas wartawan serta lebih profesional.

“UKW yang digelar PWI Kaltim dan Kutim, dalam merupakan salah satu sarana peningkatan kualitas wartawan, karena dengan UKW akan terlihat jelas apa saja yang selama ini dikerjakan dan dilakukan seorang jurnalis sebelum melakukan aktifitas kesehariannya sebagai pencari berita,” tutupnya. (ir)

Digg this!Add to del.icio.us!Stumble this!Add to Techorati!Share on Facebook!Seed Newsvine!Reddit!Add to Yahoo!

Leave a Reply:

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  Copyright ©2009 Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Timur, All rights reserved.Powered by WordPress