Home » Peristiwa

15 Peserta UKW Angkatan XIII Dinyatakan Kompeten

Written By: admin on November 27, 2017 No Comment

SANGATTA-Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke XIII/2017 yang sedianya digelar selama dua hari mulai Rabu (22/1) dan Kamis (23/11) berganti menjadi satu hari penuh. Pasalnya keputusan panitia penguji dari PWI Pusat dan PWI Kaltim lebih menghemat waktu yaitu sejak pukul 09.00 sampai 20.00 Wita di Hotel Lumbung Sangatta.

Hasilnya setelah melewati rangkaian tes ujian seperti menulis berita, teknik wawancara, hingga memunculkan isu hangat, dan jejaring narasumber berdasarkan keputusan penguji dari Dewan Pers yaitu PWI Pusat hasil penilaian Firdaus Baderi dan Djoko Teteko serta PWI Kaltim diwakili Endro S Efendi mengumumkan untuk 15 peserta yaitu jenjang muda diikuti 14 orang dan madya hanya 1 orang dinyatakan kompeten. Nilai-nilai para peserta UKW rata-rata tidak dibawah angka 70 yang artinya tidak bisa masuk ke tahap ujian selanjutnya.

“Setelah melihat hasil simulasi UKW angkatan ke XIII/ 2017 panitia penguji mengumumkan seluruh wartawan se-Sangatta kompeten,” ucap Firdaus saat membacakan hasil penilaian.

Dalam kesempatan itu Firdaus juga mengutarakan setelah ini wartawan yang sudah dinyatakan kompeten harus menjaga marwah sekaligus menjalankan kode etik ketika menjalankan tugas profesi ini. Mengembangkan kemampuan profesional wartawan demi citra dan kredibilitas.

“Terus konsisten menjalankan tugas jurnalistik untuk kemajuan pembangunan indonesia di seluruh bidang apapun, wartawan adalah profesi mulia sepanjang masa,” tambahnya.

Sementara itu salah satu peserta UKW bernama Raymond Chouda memberikan kesan dan pesan selama mengikuti ujian. Menurut dia materi-materi yang diberikan tidak kaget karena sudah diterapkan ketika berada dikantor. Seperti perencanaan liputan, melihat isu, dan rapat redaksi.

“Ya umumnya mengulang lagi merefresh praktek keseharian tugas dan tanggung jawab seorang wartawan,” ujarnya.

Sebagai tambahan wartawan di Kaltim yang tergabung pada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebanyak 358 orang dengan status anggota luar biasa sebanyak 6 orang, anggota biasa 201 orang dan muda 151 orang.

PWI Kaltim sendiri, dijelaskan sejak tahun 2011 sudah menggelar UKW sebanyak 12 kali dan di Sangatta yang diikuti 15 orang merupakan yang ke XIII. Selama ini, UKW dilaksanakan di Samarinda yakni sebanyak 6 angkatan.

Demi pemerataan serta memberi kesempatan kepada wartawan yang bertugas di daerah, UKW digelar ke sejumlah kabupaten/kota yakni Balikpapan, Kutai Kartanegara (Kukar) masing- masing 2 angkatan, sementara Berau, Bontang dan Kutim sama-sama 1 angkatan.

“Alhamdulillah, selama tahun 2017 PWI Kaltim sudah menggelar 4 kali UKW dan Sangatta merupakan yang tercepat sementara kepengurusannya baru dilantik tanggal 5 Oktober lalu, “ ungkap Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi.

UKW di Sangatta ini terlaksana berkat dukungan PT Kaltim Prima Coal (KPC) yang menjadi sponsor tunggal penyelenggaraan UKW.

Dirinya bersyukur, dari 358 anggota PWI di Kaltim yang sudah mengikuti UKW sebanyak 147 orang yakni tingkat muda 26 orang, 64 orang madya dan 57 orang utama.

“PWI Kaltim bersama PWI daerah selalu berusaha mengajak anggotanya untuk wajib mengikuti UKW dengan harapan lebih memahami dunia jurnalistik, serta profesional dengan dunianya,” bebernya.

Ia menambahkan, keanggotaan PWI bersifat sukarela dari masing-masing wartawan sementara peserta UKW tidak harus anggota PWI, meski penyelenggara PWI.

“Karenanya peserta UKW lebih banyak dari anggota PWI termasuk anggota PWI yang sudah dinyatakan berkompeten dan berhak mendapatkan sertifikat Dewan Pers,” tutupnya. (ir)

Digg this!Add to del.icio.us!Stumble this!Add to Techorati!Share on Facebook!Seed Newsvine!Reddit!Add to Yahoo!

Leave a Reply:

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  Copyright ©2009 Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Timur, All rights reserved.Powered by WordPress