Home » Peristiwa

Ketua PWI Kaltim Lulus Sangat Memuaskan

Written By: admin on September 21, 2018 No Comment

Ikut Pendidikan Lemhannas, Angkat Profesionalisme Insan Pers

JAKARTA – Setelah 7,5 bulan menjalani proses pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Endro S. Efendi akhirnya dinyatakan lulus bersama 99 peserta lainnya.

endro-1Kelulusan itu diperoleh setelah berhasil mempertahankan Kertas Karya Ilmiah Perorangan (Taskap) sebagai tugas akhir, yang berjudul “Peningkatan Profesionalisme Insan Pers di Era Globalisasi Guna Mencegah Disharmoni Sosial.” Keberhasilan tersebut sekaligus menahbiskan Endro sebagai wartawan pertama di Kaltim yang lolos mengikuti Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) di Lemhannas RI.

“Awalnya terasa lumayan berat. Tapi alhamdulillah akhirnya bisa melalui semua proses pendidikan dengan lancar,” sebut pria yang juga menjabat sebagai direktur utama Berau Post (Kaltim Post Group) ini.

Selama tujuh bulan, banyak sekali proses yang harus dilalui selama menempuh pendidikan di lembaga yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta ini. “Yang lumayan memeras pikiran adalah, hampir setiap hari harus membuat esai sesuai bidang studi yang diajarkan,” katanya. Selain itu juga harus membuat kertas karya kelompok. Terakhir, tugas akhir yang harus ditunaikan adalah Kertas Karya Ilmiah Perorangan (Taskap).

“Ya sempat agak down ketika tulisan yang disetor ke tutor, banyak dicoret dan harus banyak diubah. Tapi di sinilah proses belajar sesungguhnya. Saya jadi tahu, alur penulisan karya ilmiah yang sesuai dengan standar Lemhannas,” tuturnya. Tutor yang membimbing penulisan Taskapnya adalah DR H Darmakusuma Msi, tenaga pengajar kepemimpinan Lemhannas RI.

Puncaknya, Endro harus menjalani ujian di hadapan tiga orang penguji, dengan ketua tim penguji mantan Kapolda Kepulauan Riau yakni Irjen Pol Drs Sam Budigusdian, yang kini menjadi tenaga pengajar di Lemhannas RI. Hasilnya, kertas karya ilmiah itu berhasil dipertahankan, dan uji saji yang dilakukan dinyatakan diterima oleh tim penguji.

“Lega rasanya setelah ujian. Memang ada beberapa yang harus disempurnakan, karena nantinya akan diserahkan ke Perpustakaan Nasional,” urainya.

Dalam penutupan pendidikan yang berlangsung (20/9) pagi, nilai yang diterima Endro hasilnya Sangat Memuaskan. Penyerahan ijazah dilakukan Gubernur Lemhannas Letjen (Purn) TNI Agus Widjojo. Sebelum penyerahan ijazah, sempat diisi orasi ilmiah oleh mantan Bupati Bojonegoro, Suyoto, yang berhasil membawa Bojonegoro menjadi daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia.

Sementara itu, selama menjalani pendidikan, Endro harus mengikuti beberapa kegiatan lain seperti studi strategis dalam negeri (SSDN) ke Provinsi Bangka Belitung, serta studi strategis luar negeri (SSLN) ke Turki. “Kunjungan ke Bangka Belitung serta ke Turki, juga dalam rangka belajar bagaimana kondisi di daerah tersebut,” urainya.

Dikatakannya, selama menjalani pendidikan, seluruh peserta PPRA LVII yang berjumlah 100 orang, diberikan fasilitas lengkap. Setiap peserta mendapatkan kamar sendiri dengan fasilitas lengkap. Termasuk lemari es, internet, hingga laptop. Tak hanya peserta, para istri atau suami peserta juga diberikan penataran selama hampir dua pekan, menjelang akhir pendidikan.

Dijelaskan Endro, jadwal pendidikan yang dilalui cukup padat. Pagi hari selepas salat subuh, harus mengikuti senam tera. Setelah itu pukul 08.00 WIB sudah mulai masuk kelas, hingga sore hari menjelang maghrib. “Makanya, yang paling sulit adalah bagaimana menahan rasa kantuk di dalam kelas,” akunya.

Atas kelulusan tersebut, Endro menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Zainal Muttaqin, penasihat Kaltim Post Group, serta Direktur Utama Kaltim Post Group Chrisna Endrawijaya, yang sudah memberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan di Lemhannas. Begitu juga dengan jajaran pengurus pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yang sudah memberikan peluang kepada Endro untuk membawa nama organisasi profesi wartawan terbesar di Tanah Air itu.

“Saya berharap, apa yang saya dapatkan di Lemhannas bisa bermanfaat, setidaknya ikut memantapkan nilai-nilai kebangsaan, keberagaman dan kebersamaan di tengah masyarakat,” pungkasnya. (*)

Digg this!Add to del.icio.us!Stumble this!Add to Techorati!Share on Facebook!Seed Newsvine!Reddit!Add to Yahoo!

Leave a Reply:

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  Copyright ©2009 Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Timur, All rights reserved.Powered by WordPress